Hubungan School Well-Being dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas X Daerah Jakarta Utara.

Maria, Angelina Melania (2022) Hubungan School Well-Being dengan Motivasi Belajar Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Atas X Daerah Jakarta Utara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SKRIPS_1 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

School well-being merupakan sebuah model yang berdasar pada well-being yang dikembangkan oleh Allardt (Konu & Rimpelä, 2002). Motivasi belajar lebih mengutamakan respon kognitif, dimana siswa cenderung untuk mencapai aktivitas akademik yang bermakna dan bermanfaat serta mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari aktivitas tersebut (Brophy, 2010). Motivasi belajar dapat terbentuk karena berbagai faktor, salah satunya adalah lingkungan kelas dan guru yang dapat mengembangkan motivasi belajar, keterlibatan, dan keaktifan siswa. Selain mempengaruhi motivasi belajar siswa, hubungan yang baik antara siswa dengan guru dan teman-temannya juga memiliki peran yang penting dalam school well-being. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan school well-being dengan motivasi belajar ditinjau dari keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X,XI, dan XII SMA yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sebanyak 148 siswa yang menjadi sampel penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur school welll�being dan motivasi belajar. Hasil analisis variabel school well-being dan motivasi belajar memiliki nilai r = .291 dan p = < 0.01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa school well-being memiliki hubungan positif yang signifikan antara school well�being dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widi Astuti, M.Si., Psikolog
Uncontrolled Keywords: school well-being, motivasi belajar, siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:44
Last Modified: 27 May 2022 07:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35539

Actions (login required)

View Item View Item