Peran Regulasi Emosi dan Five Trait Personality Terhadap Burnout Pada Anggota Polisi Pengendali Massa (Dalmas) Polda Metro Jaya;

Pane, Putri Sri Wahyuni (2022) Peran Regulasi Emosi dan Five Trait Personality Terhadap Burnout Pada Anggota Polisi Pengendali Massa (Dalmas) Polda Metro Jaya;. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (9) (1).pdf

Download (951kB)

Abstract

Profesi polisi dikenal sebagai salah satu pekerjaan yang rawan terhadap burnout. Burnout pada polisi khususnya subdit pengendali massa Polda Metro Jaya karena tingginya tuntutan pekerjaan serta jam kerja yang sangat padat. Selain itu, polisi pengendali massa mengalami burnout dikarenakan adanya bully dan hoax di media sosial yang cenderung membuat mereka rentan untuk menanggulangi emosinya. Faktor internal seperti melakukan regulasi emosi dan five trait personality merupakan faktor yang diduga mereduksi burnout. Penelitian ini menguji peran regulasi emosi dan five trait personality terhadap burnout pada polisi pengendali massa Polda Metro Jaya. Penelitian ini menyertakan 79 polisi pengendali massa yang bertugas di Polda Metro Jaya dengan menggunakan teknik convenience sampling dan purposive sampling. Temuan menunjukkan bahwa regulasi emosi extrovert, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness memiliki sumbangan sebesar 70.9% terhadap burnout pada polisi pengendali massa Polda Metro Jaya. Anggota polisi pengendali massa (Dalmas) Polda Metro Jaya yang mengalami burnout cenderung memiliki regulasi emosi yang rendah dan memiliki tipe kepribadian neuroticism yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani Roesmala Dewi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Regulasi Emosi, Five Trait Personality, Burnout, Polisi Pengendali Massa.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 27 May 2022 07:53
Last Modified: 27 May 2022 07:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35557

Actions (login required)

View Item View Item