Rasdanintia, Adinda (2022) Hubungan Self-Concept dengan Subjective Well-being pada remaja akhir pengguna media sosial di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
FILE 3 _FULLTEXT_ (1) (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Fenomena banyaknya pengguna media sosial pada kalangan remaja sudah mulai banyak terlihat, data menunjukan bahwa terdapat 160jt remaja di Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial (Kemp, 2020). Survey menyatakan pengguna aktif media sosial rata-rata menghabiskan 2 jam 52 menit setiap harinya untuk mengakses media sosial. Remaja yang menggunakan media sosial cenderung mengembangkan konsep diri negatif, dan diketahui bahwa selfconcept pada remaja berkaitan dengan subjective well-being. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-concept dengan subjective well-being pada remaja akhir pengguna media sosial di Jakarta. Partisipan penelitian berjumlah 185 dengan rentang usia 18-21 tahun. Analisis data yang digunakan adalah dengan teknik uji korelasi Spearman Rho’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara self-concept dan subjective well-being, dengan tingkat signifikansi (p) = 0,000> 0,05 antara dimensi afek positif dan self-concept, (p) = 0,001> 0,05 antara dimensi afek negatif dan self-concept (p) = 0,000> 0,05 antara general life satisfaction (GLS) dan self-concept. Ini berarti bahwa semakin tinggi self-concept, maka semakin tinggi pula nilai subjective well-being pada seseorang
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Riana Sahrani, Msi., Psi. & Debora Basaria, M.Psi. |
Uncontrolled Keywords: | Self-concept, Subjective well-being, Remaja Akhir, Media Sosia |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 27 May 2022 07:58 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:58 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35561 |
Actions (login required)
View Item |