Perbedaan Kepuasan Hidup Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua

Houtama, Peiter (2022) Perbedaan Kepuasan Hidup Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh merupakan proses interaksi yang terjalin antara orangtua dan anak dalam membentuk tingkah laku. Pola pengasuhan berperan penting terhadap kepuasan hidup remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan hidup remaja yang ditinjau dari pola asuh orangtua. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 939 remaja dengan rentang usia 12-18 tahun di wilayah DKI Jakarta. Alat ukur yang digunakan adalah Multidimensional Students’ Life Satisfaction Scale (MSLSS) dan alat ukur pola asuh yang telah diadaptasi. Berdasarkan hasil uji beda pada pola asuh ibu dengan Kruskal Wallis diperoleh nilai ꭕ² = 68.237, p = .000 < .01 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan hidup dengan pola asuh ibu. Kemudian, hasil uji beda pada pola asuh ayah diperoleh nilai ꭕ² = 142.601, p = .000 < .01 sehingga terdapat perbedaan juga antara kepuasan hidup dengan pola asuh ayah. Dengan demikian, terdapat perbedaan antara kepuasan hidup jika ditinjau dari pola asuh. Berdasarkan hasil penelitian, remaja yang diasuh dengan ayah authoritative dan ibu authoritative memiliki kepuasan hidup yang tinggi. Kemudian, remaja yang diasuh dengan ayah authoritarian dan ibu neglectful memiliki kepuasan hidup yang rendah. Selain itu, terdapat perbedaan pula antara jenis kelamin dan usia jika ditinjau dari pola asuh orangtua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Monika, M.Psi., & Erik Wijaya, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kepuasan hidup, remaja, dan pola asuh orangtua
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 06:19
Last Modified: 30 May 2022 06:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35602

Actions (login required)

View Item View Item