Peran Organizational Commitment Sebagai Moderator Dalam Hubungan Incivility Dan Negative Affect (Studi Pada Perawat)

Ketaren, Viena Nindy (2022) Peran Organizational Commitment Sebagai Moderator Dalam Hubungan Incivility Dan Negative Affect (Studi Pada Perawat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
text (1).pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran affective organizational commitment (AOC) sebagai moderator hubungan negative affect (NA) dan workplace incivility (WPI) pada perawat yang bekerja di rumah sakit. NA adalah dimensi disposisi dari suasana hati (mood), mengacu pada kecenderungan untuk mengalami berbagai perasaan suasana hati negatif, yang merupakan konsep luas yang dapat diringkas sebagai perasaan dari tekanan emosional. Pada penelitian ini NA dibagi menjadi 2 dimensi perasaan yang berbeda, yaitu rasa marah (anger) dan rasa bersalah (guilt).Partisipan dalam penelitian ini adalah 332 perawat yang bekerja di rumah sakit. Berdasarkan hasil analisis, AOC memoderasi hubungan NA dan WPI pada rasa bersalah (guilt). Perawat yang memiliki AOC yang tinggi, apabila mendapat WPI akan menimbulkan NA dengan rasa bersalah (guilt), dibandingkan dengan perawat yang memiliki AOC rendah. AOC tidak memoderasi hubungan NA dan WPI pada rasa marah (anger). Perawat yang mendapat WPI justru tidak merasa marah (anger) baik pada perawat yang memiliki AOC yang tinggi maupun yang rendah, akan didiskusikan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y.S. Suyasa, M.Si, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Negative Affect, Affective Organizational Commitment, dan Workplace Negative Affect, Affective Organizational Commitment, dan Workplace Incivility
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 06:30
Last Modified: 30 May 2022 06:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35604

Actions (login required)

View Item View Item