Peran Trait Conscientiousness dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional pada Karyawan di PT X

Rahmadani, Dinda Ayu (2022) Peran Trait Conscientiousness dan Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional pada Karyawan di PT X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (430kB)

Abstract

Perilaku Kewargaan Organisasional (PKO) merupakan perilaku sukarela yang dilakukan oleh karyawan diluar dari tugasnya. PKO dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas dari organisasi. PKO terdiri dari lima dimensi, yaitu altruism, conscientiousness, sportsmanship, courtesy, dan civic virtue. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran trait conscientiousness dan Kualitas Kehidupan Kerja (KKK) terhadap PKO. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dan dilakukan pada 63 karyawan (65.1% karyawan laki-laki dan 34.9% karyawan perempuan) yang ada di PT X. Alat ukur PKO yang digunakan merupakan hasil adaptasi dari Podsakoff, MacKenzie, Moorman, dan Fetter (1990). Berdasarkan hasil analisis trait conscientiousness berperan terhadap PKO sebesar 17.9%. Trait conscientiousness dan KKK secara simultan berperan terhadap PKO sebesar 31.6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Zamralita, M.M., Psi dan Kiky Dwi Hapsari, M. Psi.
Uncontrolled Keywords: Perilaku Kewargaan Organisasional, Trait Conscietiousness, dan Kualitas Kehidupan Kerja.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 06:56
Last Modified: 30 May 2022 06:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35623

Actions (login required)

View Item View Item