Pengaruh Self Esteem dan Konformitas Terhadap Perilaku Pembelian Barang Branded Pada Pria Dewasa Awal

Serlin, Serlin (2022) Pengaruh Self Esteem dan Konformitas Terhadap Perilaku Pembelian Barang Branded Pada Pria Dewasa Awal. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (27)-1-14.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia dalam hidupnya selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan baik dari segi fisik maupun usia. Pada tahapan dewasa awal seseorang mengalami masa peralihan dari ketergantungan ke masa mandiri. Individu pada tahapan dewasa awal membeli barang-barang branded kelas atas yang memiliki daya beli tinggi karena dapat menaikkan self esteem atau prestige seseorang termasuk juga dalam hal fashion branded. Selain untuk menaikkan harga diri, mereka juga membeli produk-produk fashion branded karena mengikuti kelompok pertemanannya agar diakui dan diterima. Hal tersebut dikenal dengan konformitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self esteem dan konformitas terhadap perilaku pembelian barang branded pada pria dewasa awal. Subyek penelitian ini adalah pria dewasa awal yang berusia 20-40 tahun dengan sampel penelitian sebanyak 95 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam mengambil sampel penelitian menggunakan alat ukur berupa kuesioner, yaitu kuesioner self esteem, konformitas, dan perilaku pembelian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konformitas memiliki nilai signifikansi sebesar P = 0,000 < 0.05, yang berarti ada pengaruh antara konformitas terhadap perilaku pembelian barang branded pada pria dewasa awal. Sumbangan efektif konformitas ditunjukkan dengan koefisien determinan R Square = 0,457 atau 45,7% yang menyatakan bahwa konformitas 45,7% menentukan perilaku pembelian sedangkan 54,3% ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Meike Kurniawati, S.Psi., M.M. Dra. Ninawati, M.M.
Uncontrolled Keywords: Self Esteem, Konformitas, Perilaku Pembelian, Barang Branded
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 06:58
Last Modified: 30 May 2022 06:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35626

Actions (login required)

View Item View Item