Pengaruh Musik Instrumental Kontemporer Terhadap Peningkatan Memori Jangka Pendek pada Siswa Kelas XI SMA X

Delfiani, Rebecca Listian (2022) Pengaruh Musik Instrumental Kontemporer Terhadap Peningkatan Memori Jangka Pendek pada Siswa Kelas XI SMA X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Skripsi Full Rebecca-1-14.pdf

Download (7MB)

Abstract

Memori jangka pendek adalah tahap awal yang memiliki peran penting dalam proses memori dan tahap dasar sebelum memori diteruskan ke memori jangka panjang. Dalam bidang pendidikan, sangat penting bagi siswa untuk dapat mengingat atau menghafal materi pelajaran yang diterima, sehingga berpengaruh pada prestasinya di sekolah. Memori jangka pendek memiliki kapasitas terbatas, Jika memori jangka pendek tidak dapat menerima dan menyimpan dengan benar maka materi atau pelajaran tidak dapat diteruskan ke memori jangka panjang / memori permanen. Alternatif yang digunakan untuk mengurangi kesulitan dan meningkatkan memori jangka pendek adalah mendengarkan musik. Rangsangan dari musik yang didengarkan dapat meningkatkan konsentrasi dan memori (Campbell, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik instrumental kontemporer pada peningkatan memori jangka pendek. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk one group pre-test post-test. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 19 siswa. Partisipan diberikan tes berupa rentang digit (digit span) yaitu menghafal digit span. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa musik instrumental kontemporer tidak berpengaruh pada peningkatan memori jangka pendek secara signifikan, t = -1.224, p>0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Psikolog Linda Wati S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: Memori Jangka Pendek, Digit Span, Musik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 07:35
Last Modified: 30 May 2022 07:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35635

Actions (login required)

View Item View Item