Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Putri X

Peratiwi, Melsa (2022) Hubungan antara Regulasi Diri dengan Prestasi Belajar Siswa di Pondok Pesantren Putri X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. Fulltext (29)-1-14.pdf

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Putri X. Partisipan dalam penelitian ini yaitu 70 siswa sekolah menengah pertama (SMP) yang diperoleh dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara langsung. Pengujian hipotesis diolah melalui SPSS versi 21 dengan teknik uji korelasi Spearman. Hasil dari uji korelasi menunjukkan tidak ada hubungan signifikan antara regulasi diri dengan prestasi belajar siswa (r = 0.126, p = 0,299 > 0.05). Kemudian, pada uji korelasi setiap aspek regulasi diri dengan prestasi belajar, didapati bahwa secara keseluruhan tidak ada hubungan yang signifikan dikarenakan nilai p > 0,05. Pada uji Kruskal-Wallis regulasi diri berdasarkan kelas, diperoleh nilai p = 0,752 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan regulasi diri yang signifikan berdasarkan kelas. Pada uji KruskalWallis prestasi belajar berdasarkan, diperoleh nilai p = 0,853 > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas VII dan VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Heni Mularsih, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Prestasi Belajar, Siswa SMP
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 30 May 2022 07:39
Last Modified: 30 May 2022 07:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35636

Actions (login required)

View Item View Item