PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

FORTUNA, LING LING (2021) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI TEKNOLOGI TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN LINGKUNGAN EKSTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Ling Ling Fortuna 125180557 JA .pdf

Download (403kB)

Abstract

Abstract: This study aims to verify of the relationship between market orientation, entrepreneurship orientation, technology orientation to Small Medium Enterprise (SME) performance, and also to examine the moderating effect of external environment on the relationship between market orientation, entrepreneurial orientation, and performance of SMEs. Quantitative research design was applied on this research. The data used in this research consists of primary data and collected from SME entrepreneurs in DKI Jakarta, Indonesia by using Google Forms, which are distributed online. This study uses purposive sampling method and 173 samples was successfully collected. The collected samples will be analyzed using SmartPLS 3.3.3 and SPSS ver.23 with PLS-SEM analysis. The result showed that market orientation, entrepreneurial orientation, and technology orientation were significant predictors of SME performance. Furthermore, moderating effect of external environment on relationships between market orientation, entrepreneurial orientation and SME performance was also found significant. The implication of this study shows that market orientation, entrepreneurial orientation, technology orientation, and external environment will give an influence on SME performance to be better. Keywords: Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Technology Orientation External Environment Tujuan penelitian ini adalah untuk memverifikasi hubungan antara market orientation, entrepreneurial orientation, technology orientation terhadap kinerja UMKM, dan juga untuk memeriksa pengaruh moderasi dari lingkungan eksternal terhadap hubungan antara market orientation, entrepreneurial orientation dengan kinerja UMKM. Desain penelitian kuantitatif diaplikasikan pada penelitian ini. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer dan dikumpulkan dari pelaku UMKM di DKI Jakarta, Indoneisa dengan Google Form yang didistribusikan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan berhasil mengumpulkan sebanyak 173 sampel. Sampel yang telah terkumpul akan di analisis menggunakan SmartPLS 3.3.3 dan SPSS versi 23 dengan analisis PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market orientation, entrepreneurial orientation dan technology orientation berpengaruh signifikan sebagai prediktor terhadap kinerja UMKM. Selain itu, terdapat pengaruh moderasi yang signifikan dari lingkungan eksternal pada hubungan antara market orientation, entrepreneurial orientation dengan kinerja UMKM. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan market orientation, entrepreneurial orientation, technology orientation dan lingkungan eksternal dapat memberikan pengaruh pada kinerja UMKM yang lebih baik. Kata Kunci: Market Orientation, Entrepreneurial Orientation, Technology Orientation External Environment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 30 May 2022 08:51
Last Modified: 25 Jul 2023 02:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35653

Actions (login required)

View Item View Item