Hubungan antara Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial dan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Berasrama yang Berwawasan Bela Negara

Lutviantari, Chintya Lucy (2022) Hubungan antara Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial dan Prestasi Belajar pada Siswa SMA Berasrama yang Berwawasan Bela Negara. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (238kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai setelah siswa mengikuti proses pembelajaran. Beberapa hal yang mempengaruhi prestasi belajar adalah penyesuaian diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial pada prestasi belajar siswa SMA berasrama yang berwawasan bela negara. Penelitian ini mengambil 365 subyek yang terdiri dari kelas X IPA/IPS dan XI IPA/IPS. Hipotesis pertama penelitian ini adalah ada positif antara penyesuaian diri dengan prestasi belajar dan hipotesis kedua adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan prestasi belajar. Penelitian ini mengambil 365 subyek yang terdiri dari kelas X IPA/IPS dan XI IPA/IPS. Hasil analisis korelasi pertama menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan prestasi belajar dengan korelasi sebesar r = .118 dengan p = .024. Korelasi di tahap signifikan 0.05. Hal ini berarti semakin tinggi penyesuaian diri maka semakin tinggi prestasi belajar. Sedangkan hipotesis kedua ditolak, hasil analisis menunjukkan tidak adanya hubungan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar, r = .067 dengan p = .201.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Heni Mularsih, M.Psi., Psi & Niken Widiastuti, M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: penyesuaian diri, dukungan sosial, prestasi belajar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 31 May 2022 05:24
Last Modified: 31 May 2022 05:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35702

Actions (login required)

View Item View Item