Hubungan antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar

Torhuta, Cherry (2022) Hubungan antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (442kB)

Abstract

Keterlibatan siswa di sekolah merupakan konstruk penting yang telah dikaitkan dengan keberhasilan siswa. Siswa lebih cenderung terlibat dalam pembelajaran dan prestasi jika mereka juga memiliki pandangan positif tentang kualitas kehidupan sekolah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan keterlibatan siswa siswa kelas 4-6 sekolah dasar. Sekolah yang menjadi partisipan penelitian yaitu 6 sekolah di Jakarta Barat. Partisipan penelitian ini berjumlah 461 orang yang menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan alat ukur berupa kuesioner. Peneliti menggunakan kuesioner kualitas kehidupan sekolah yang diadaptasi dari teori Ainley dan Bourke, sedangkan untuk keterlibatan siswa peneliti mengadaptasi alat ukur Student Engagement in Schools Questionnaire (SESQ) dari Hart, Stewart, dan Jimerson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (r = 0,673 dan nilai p = 0,000 < 0,01) antara kualitas kehidupan sekolah dengan keterlibatan siswa. Hubungan positif ini menunjukan semakin tinggi kualitas kehidupan sekolah siswa, maka semakin tinggi pula keterlibatan siswa siswa. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah kualitas kehidupan sekolah siswa, maka semakin rendah pula keterlibatan siswa siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Monika, M. Psi dan Erik Wijaya, M. Si.
Uncontrolled Keywords: keterlibatan siswa, kualitas kehidupan sekolah, primary school student, keterlibatan siswa, kualitas kehidupan sekolah, siswa SD.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 31 May 2022 05:30
Last Modified: 31 May 2022 05:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35703

Actions (login required)

View Item View Item