PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2020

NOVLYN, NOVLYN (2021) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Novlyn 125180200 JA.pdf

Download (618kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pertumbuhan penjualan, leverage, ukuran perusahaan dan umur perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Penelitian ini menggunakan 69 perusahaan manufaktur sebagai sampel setelah diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini diolah menggunakan software EViews 12 dan menggunakan teknik analisa regresi linear berganda untuk melakukan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan pertumbuhan penjualan dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, serta umur perusahaan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci: Manajemen Laba, Pertumbuhan Penjualan, Leverage, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan The purpose of this research is to examine the influence of sales growth, leverage, firm size, and firm age toward earnings management on manufacturing companies listed in the Indonesian Stock Exchange for the period 2017-2020. This research used 69 manufacturing companies as a sample after selected by purposive sampling method. This research processed using EViews 12 software and using multiple linear regression analysis techniques to test the hypothesis. The result of this research shows that sales growth and leverage do not have significant effect toward earnings management while firm size has positive and significant effect towards earnings management and firm age has negative and significant effect towards earnings management. Keywords: Earnings Management, Sales Growth, Leverage, Firm Size, Firm Age

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 31 May 2022 07:11
Last Modified: 01 Aug 2023 02:51
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35721

Actions (login required)

View Item View Item