PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON-PERFORMING LOAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020)

FIRDAUS, SYNTIA (2021) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, CAPITAL ADEQUACY RATIO, NON-PERFORMING LOAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2018-2020). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Syntia Firdaus 125180456 JA.pdf

Download (322kB)

Abstract

This study aims to empirically prove the effect of Good Corporate Governance (GCG), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non-Performing Loans (NPL), and firm size on financial performance. The population used in this study is banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX)during 2018 to 2020. The sample selection method used is purposive sampling. The companies used as research objects are as many as 31 companies. The research method used in this research is multiple linear regression analysis. The results obtained from this study are Good Corporate Governance (GCG) has a positive and insignificant effect on financial performance, Capital Adequacy Ratio (CAR) has a negative and insignificant effect on financial performance, Non-erforming Loan (NPL) has a negative and significant effect on financial performance, and firm size has a negative and significant effect on financial performance. Keywords: Good Corporate Governance, Capital Adequacy Ratio, Non-Performing Loan, firm size, financial performance Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non-Performing Loan (NPL), dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2018 sampai dengan tahun 2020. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Perusahaan yang digunakan sebagai objek penelitian sebanyak 31 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Good Corporate Governance (GCG) memiliki pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, Non-Performing Loan (NPL) memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Capital Adequacy Ratio, Non-Performing Loan, ukuran perusahaan, kinerja keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:12
Last Modified: 25 Jul 2023 02:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35795

Actions (login required)

View Item View Item