Gambaran Konsep DIri Wanita Dewasa Awal Penderita Kanker Payudara Pasca Tindakan Operatif (Mastektomi) Di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta

Diniprillia, Mita (2022) Gambaran Konsep DIri Wanita Dewasa Awal Penderita Kanker Payudara Pasca Tindakan Operatif (Mastektomi) Di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1.pdf

Download (304kB)

Abstract

Konsep diri yang sudah dikemukakan para ahli dapat disimpulkan bahwa konsep diri merupakan pengetahuan tentang diri individu meliputi keyakinan dan kepercayaan tentang dirinya. Hawari (2004) menyatakan bahwa wanita yang menjalani operasi mastektomi menunjukkan ekspresi yang mencerminkan kecemasan dan depresi seperti penolakan. Tetapi tidak semua individu yang mengalami perasaan negatif. perasaan negatif tersebut terjadi karena individu yang mengalami kanker payudara dan menjalankan mastektomi akan kehilangan payudaranya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menggambarkan konsep diri yang dimiliki oleh wanita dewasa awal penderita kanker payudara dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara dan observasi. Kriteria subyek dalam penelitian ini antara lain: penderita kanker payudara, jenis kelamin perempuan, dewasa awal 20-40 tahun, sudah menikah dan belum menikah, jumlah subyek dalam penelitian ini yaitu 4 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu dari empat subyek yang mengalami konsep diri negatif. Hal tersebut karena ketiga subyek dapat menerima kondisi tubuhnya saat ini yaitu kehilangan satu payudara setelah menjalani tindakan operatif mastektomi. Sedangkan satu subyek tidak dapat menerima kondisi tubuhnya setelah menjalani tindakan operatif mastektomi. Subyek mengalami kecemasan dan tidak percaya diri atas kondisi tubuhnya. Kecemasan tersebut juga didukung karena subyek belum menikah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Niken Widiastuti, M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Wanita Dewasa Awal, Kanker Payudara
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:40
Last Modified: 06 Jun 2022 06:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35804

Actions (login required)

View Item View Item