Hubungan antara Student Engagement dalam Organisasi Kemahasiswaan dan Self-regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik

Tiur, Lasma (2022) Hubungan antara Student Engagement dalam Organisasi Kemahasiswaan dan Self-regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara student engagement dalam organisasi kemahasiswaan dan self-regulated learning dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini melibatkan 401 partisipan, meliputi 171 laki-laki dan 230 perempuan, menggunakan purposive dan snowball sampling. Kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan terlibat dalam suatu organisasi kemahasiswaan pada suatu perguruan tinggi. Prokrastinasi berkaitan erat dengan kegagalan dalam self-regulated learning, namun belum banyak penelitian yang membahas mengenai keterlibatan mahasiswa dalam organisasi sebagai penyebab prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa student engagement dalam organisasi kemahasiswaan tidak memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik dengan r (401) = -.042, p > .05. Self-regulated learning memiliki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik dengan r (401) = -.101, p < .05, khususnya strategi extrinsic self-talk dengan r (401) = -.100, p < .05 dan effort regulation dengan r (401) = -.156, p < .05. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa student engagement dalam organisasi kemahasiswaan memiliki hubungan positif dengan self-regulated learning dengan r (401) = .340, p < .05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., Psi.
Uncontrolled Keywords: student engagement, organisasi kemahasiswaan, self-regulated learning, prokrastinasi akademik
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:47
Last Modified: 06 Jun 2022 06:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35806

Actions (login required)

View Item View Item