Gambaran Makna Hidup pada Remaja Perempuan Korban Cyberbullying

Merysa, Merysa (2022) Gambaran Makna Hidup pada Remaja Perempuan Korban Cyberbullying. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Text.pdf

Download (137kB)

Abstract

Cyberbullying adalah ancaman yang disengajakan dan dilakukan berulang kali melalui komputer, telepon genggam, dan perangkat elektronik lainnya (Hinduja & Patchin, 2014). Pada kasus cyberbullying, banyak ditemukan bahwa korban, khususnya remaja perempuan mengalami depresi yang dapat mengarah ke perilaku bunuh diri. Kondisi depresi dan perilaku bunuh diri juga memiliki hubungan signifikan dengan kebermaknaan hidup seseorang. Dalam situasi penderitaan seperti ini, makna hidup dapat dicapai melalui sikap menerima dengan penuh ikhlas dan tabah hal-hal yang tragis yang tidak mungkin dielakkan lagi, sehingga mampu melihat makna dan hikmah dari penderitaan itu. Dalam penelitian ini, peneliti berusaha melihat dan menggambarkan makna hidup yang dimiliki oleh korban cyberbullying setelah mengalami peristiwa cyberbullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Wawancara mendalam (in-depth interview) dan observasi dilakukan terhadap empat remaja perempuan korban cyberbullying yang berusia 14-18 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah jenis criterion sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subyek yang merupakan remaja korban cyberbullying mengalami ketidakbermaknaan hidup saat mengalami cyberbullying dan berhasil menemukan makna hidup melalui proses pencapaian yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Denrich Suryadi, M. Psi, Psi.
Uncontrolled Keywords: Makna Hidup, Remaja Perempuan, Cyberbullying
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:53
Last Modified: 06 Jun 2022 06:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35810

Actions (login required)

View Item View Item