Peran Sibling Relationship terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Sekolah X, Jakarta

Andini, Mutiara (2022) Peran Sibling Relationship terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Sekolah X, Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Skripsi Mutiara Andini (705120122).doc-1-13.pdf

Download (159kB)

Abstract

Pada masa remaja, umumnya siswa mengalami penurunan motivasi berprestasi. Salah satu faktor sosial yang dapat memengaruhi motivasi pada remaja adalah sibling relationship. Sibling relationship diartikan sebagai total interaksi dari dua atau lebih individu yang memiliki orang tua biologis yang sama dan saling berbagi pengetahuan, persepsi, tingkah laku, kepercayaan dan perhatian satu sama lain (Cicirelli dikutip dalam Binotiana, 2008). Penelitan terdahulu dari Pajoluk (2013) menemukan bahwa sibling relationship berperan pada prestasi akademik remaja. Namun, belum ada penelitian yang mengkaji peran sibling relationship terhadap motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran sibling relationship terhadap motivasi berprestasi pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Partisipan penelitian ini terdiri dari 259 siswa SMP X di Jakarta. Analisis regresi linear menunjukkan adanya peran sibling relationship yang signifikan terhadap motivasi berprestasi (β = .316, t(257) = 5.34, p = .000). Sibling relationship yang memengaruhi motivasi berprestasi sebesar 10% dan 90% dipengaruhi faktor lain (R² = .10, F(1, 257) = 28.59, p = .000).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, PhD., Psi
Uncontrolled Keywords: sibling relationship, motivasi berprestasi, siswa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:58
Last Modified: 06 Jun 2022 06:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35811

Actions (login required)

View Item View Item