Peranan Modal Psikologis terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional: Kualitas Kehidupan Kerja sebagai Mediator (Studi pada Anggota POLRI di Polresta Bandar Lampung)

Saniscarya, Saniscarya (2022) Peranan Modal Psikologis terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional: Kualitas Kehidupan Kerja sebagai Mediator (Studi pada Anggota POLRI di Polresta Bandar Lampung). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
1 (1).pdf

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan modal psikologis terhadap perilaku kewargaan organisasional dengan kualitas kehidupan kerja sebagai mediator. Penelitian ini dilakukan dengan mengetahui tugas anggota polisi yang memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga peranan anggota POLRI sangat dibutuhkan masyarakat. Penelitian ini dilakukan terhadap 120 anggota POLRI di Polresta Bandar Lampung, yaitu 104 laki-laki dan 16 perempuan. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur modal psikologis, kualitas kehidupan kerja dan perilaku kewargaan organisasi yang dikembangkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk non-eksperimental. Penelitian ini menggunakan analisis uji regresi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan modal psikologis lebih besar secara langsung terhadap perilaku kewargaan organisasional (β = 1.980, p = 0.000) dibandingkan melalui mediator yaitu kualitas kehidupan kerja (β = 1.216, p = 0.000). Namun, kualitas kehidupan kerja terbukti tetap dapat menjadi mediator antara modal psikologis dan perilaku kewargaan organisasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rostiana, M.Si., Psi. Program Studi S-1 Psikologi
Uncontrolled Keywords: Modal Psikologis, Kualitas Kehidupan Kerja, Perilaku Kewargaan Organisasional, Anggota POLRI
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:06
Last Modified: 06 Jun 2022 07:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35817

Actions (login required)

View Item View Item