Gambaran Quality of School Life SMA Swasta di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

Theressa, Theressa (2022) Gambaran Quality of School Life SMA Swasta di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (475kB)

Abstract

Pandangan siswa tentang sekolah merupakan faktor penting dalam melihat kinerja siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran quality of school life SMA Swasta di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Siswa yang memiliki pandangan positif terhadap quality of school life akan lebih terlibat dalam proses belajar dan akan mencapai prestasi yang lebih baik. Quality of school life adalah sintesis dari pengalaman positif dan negatif, dan perasaan-perasaan lain yang secara spesifik berhubungan dengan kehidupan sekolah dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Desain dalam penelitian ini merupakan gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di dua SMA Swasta di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran quality of school life SMA Swasta di Kabupaten Ketapang menurut siswa tergolong tinggi yaitu dengan mean 2.9153. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa prestasi siswa yang masih rendah bukan disebabkan oleh kualitas sekolah yang kurang baik, namun disebabkan oleh faktor lain. Namun berdasarkan wawancara dengan 4 subyek diketahui terdapat beberapa hal yang masih harus diperbaiki oleh sekolah agar siswa dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik dan tinggi, misalnya fasilitas di sekolah, hubungan antar siswa, dan perhatian yang diberikan oleh guru kepada siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sesilia Monika, M. Psi., Psi Dra. Ninawati, M. M.
Uncontrolled Keywords: Quality of School Life, SMA
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:17
Last Modified: 06 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35823

Actions (login required)

View Item View Item