Hubungan Antara Self-Esteem dengan Motivation to Engage Pada Anggota Organisasi Motor Besar (Studi Pada Individu Dewasa Awal);

Sholihah, Dinda Nabila (2022) Hubungan Antara Self-Esteem dengan Motivation to Engage Pada Anggota Organisasi Motor Besar (Studi Pada Individu Dewasa Awal);. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Merged_document (4).pdf

Download (151kB)

Abstract

Bergabung dalam organisasi motor besar merupakan salah satu kegiatan yang diminati oleh individu dewasa awal. Karena, selain dari kegiatannya yang menyenangkan, mengendarai motor besar juga dianggap memiliki nilai prestise dan dapat meningkatkan self-esteem. Penelitian ini meninjau adakah hubungan antara self-esteem dengan motivation to engage pada anggota organisasi motor besar dengan menggunakan teori self-esteem yang dikemukakan oleh Heatherton dan Polivy (1991) serta teori motivation to engage yang dikemukakan oleh Deci dan Ryan (2000). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-experimental dengan teknik pengambilan data purposive sampling, criterion sampling, dan snowball sampling. Adapun alat ukur yang digunakan terdiri dari alat ukur self-esteem yang diadaptasi dari alat ukur self-esteem Heatherton dan Polivy (1991) dan alat ukur motivation to engage yang diadaptasi dari alat ukur Tumblin (2012). Pengambilan data dilakukan di daerah Jabodetabek pada bulan Agustus – Oktober 2015 dengan melibatkan 175 subjek berusia 20 – 40 tahun. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai r = 0,218 dan p = 0,004 yang artinya terdapat hubungan positif signifikan antara self-esteem dengan motivation to engage pada anggota organisasi motor besar. Hasil ini menunjukkan jika self-esteem tinggi, maka motivation to engage anggota organisasi motor besar tinggi. Demikian sebaliknya, jika self-esteem rendah, maka motivation to engage anggota organisasi motor besar rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M. Psi
Uncontrolled Keywords: self-esteem, motivation to engage, dewasa awal, organisasi motor besar
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:49
Last Modified: 06 Jun 2022 07:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35842

Actions (login required)

View Item View Item