Peranan Organizational Identification Pada Unethical Pro-Organizational Behavior dengan Moral Disengagement Sebagai Mediator (Studi pada agen asuransi di Jabodetabek)

Wijaya, Alvianty (2022) Peranan Organizational Identification Pada Unethical Pro-Organizational Behavior dengan Moral Disengagement Sebagai Mediator (Studi pada agen asuransi di Jabodetabek). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
text (8).pdf

Download (381kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara unethical pro-organizational behavior dan organizational identification dengan moral disengagement sebagai mediator pada agen asuransi Jabodetabek. Unethical pro-organizational behavior adalah tindakan tidak beretika yang mendukung organisasi (Umphress & Bingham, 2011). Organizational identification adalah individu yang mendefinisikan dirinya sebagai bagian anggota dari organisasi (Ashforth & Mael, 1989). Penelitian ini menyertakan 107 agen asuransi Jabodetabek dengan teknik convenience sampling. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif dengan metode analisis berganda. Hasil dari penelitian ini adalah hubungan yang terjadi diantara unethical pro-organizational behavior dan organizational identification dimediasi secara penuh oleh moral disengagement. Sebelum mediasi moral disengagement, organizational identification memprediksi secara signifikan unethical pro-organizational behavior (β = 0.350, p < 0.01). Kemudian saat moral disengagement ikut serta dalam memprediksi unethical pro-organizational behavior hubungan tersebut menjadi tidak signifikan (β = 0.023, p < 0.712).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tommy Y. S. Suyasa, M.Si.,Psi. & Linda Wati, M. Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: Organizational Identification, Unethical pro-organizational behavior, dan Moral Disengagement
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:56
Last Modified: 06 Jun 2022 07:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35845

Actions (login required)

View Item View Item