Hubungan Kelekatan Pekerjaan, Kesesuaian Individu-Organisasi, Dan Intensi Berhenti Kerja (Studi Pada Karyawan Operasional di PT M)

Ciptaningtyas, Albertha Haga (2022) Hubungan Kelekatan Pekerjaan, Kesesuaian Individu-Organisasi, Dan Intensi Berhenti Kerja (Studi Pada Karyawan Operasional di PT M). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
text (12).pdf

Download (0B)

Abstract

Karyawan yang berhenti kerja merupakan masalah serius yang dihadapi oleh perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Sebelum karyawan memiliki keputusan untuk melakukan tindakan tersebut, mereka memiliki proses penarikan diri (withdrawal cognitions). Salah satunya memiliki pemikiran untuk meninggalkan perusahaan yang disebut sebagai turnover intention. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kelekatan pekerjaan (job embeddedness), kesesuaian individu-organisasi (person-organization fit), dan intensi berhenti kerja (turnover intention). Penelitian ini dilakukan pada karyawan operasional di PT M di wilayah Jakarta Barat sebanyak 177 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Hasil penelitian ini menggunakan menggunakan uji korelasi spearman (non-parametrik). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kelekatan pekerjaan berhubungan negatif dengan intensi berhenti kerja (r = -.21, p < .01). Sedangkan kesesuaian individu-organisasi tidak berkorelasi dengan intensi berhenti kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y. S. Suyasa., Psikolog & Ibu Linda Wati, M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: kelekatan pekerjaan, kesesuaian individu-organisasi, dan intensi keluar dari tempat kerja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:39
Last Modified: 06 Jun 2022 08:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35852

Actions (login required)

View Item View Item