Peran maskulinitas dan fanatisme suporter terhadap kekerasan dalam rumah tangga (Penelitian pada suporter the Jakmania).

Elka, Christine (2022) Peran maskulinitas dan fanatisme suporter terhadap kekerasan dalam rumah tangga (Penelitian pada suporter the Jakmania). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (257kB)

Abstract

Di Indonesia penelitian tentang kekerasan dalam rumah tangga belum pernah ditemukan dalam konteks suporter sepakbola, namun hal serupa beberapa kali dilakukan di negara-negara luar Indonesia dan diperoleh hubungan antara kekerasan dalam rumah tangga dan sepakbola. Kekerasan dalam rumah tangga sendiri merupakan perilaku yang terus terjadi dan berdampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran maskulinitas dan fanatisme suporter terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Populasi penelitian ini adalah suporter sepak bola Persatuan Sepakbola Jakarta, The Jakmania dengan sampel berjumlah 196 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini menggunakan fanatisme Wolman, Male Role Norms Inventory – Short Form (MRNI-SF), dan kekerasan dalam rumah tangga yang dianalisis dengan teknik analisis regresi ganda. Hasil analisis menunjukan terdapat peran maskulinitas dan fanatisme suporter terhadap kekerasan dalam rumah tangga (R 2=0.541 dan p=0.000 < 0.05), yang menunjukkan besaran pengaruh maskulinitas dan fanatisme suporter sebesar 54,1% dan sisnya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi bidang ilmu Psikologi Sosial dan Psikologi Olahraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bonar Hutapea, M.Si
Uncontrolled Keywords: Maskulinitas, Fanatisme Suporter, Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:47
Last Modified: 06 Jun 2022 08:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35856

Actions (login required)

View Item View Item