Gambaran Psychological Well-Being Wanita Dewasa Madya yang Mengalami Kematian Pasangan dan Memiliki Anak Tunggal Berusia Remaja

Natalia, Delvi (2022) Gambaran Psychological Well-Being Wanita Dewasa Madya yang Mengalami Kematian Pasangan dan Memiliki Anak Tunggal Berusia Remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (190kB)

Abstract

Kematian merupakan pengalaman emosional paling besar yang harus dihadapi, terutama oleh seorang wanita. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh wanita yang mengalami kematian pasangan tersebut, seperti terputusnya cinta dengan pasangan, masalah perekonomian, dan masalah pengasuhan terhadap anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai gambaran psychological well-being wanita dewasa madya yang mengalami kematian pasangan dan memiliki anak tunggal berusia remaja. Psychological well-being adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kesehatan psikologis individu berdasarkan pemenuhan kriteria fungsi psikologi positif yang terbagi menjadi enam elemen, yaitu self-acceptance, personal growth, purpose in life, positive relations with others, environmental mastery, dan autonomy (Ryff, 1989, 1995; Ryff & Singer, 2008, dikutip dalam Papalia & Feldman, 2012). Wanita yang mengalami kematian pasangan sangat penting mencapai kesejahteraan psikologis yang penuh agar ia tetap dapat membimbing anak tunggalnya yang berusia remaja sehingga dapat berhasil dalam masa pencarian identitas diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi terhadap tiga orang subyek primer berusia 40 sampai 65 tahun dan tiga orang subyek sekunder yang merupakan anak dari subyek primer, berusia 11 sampai 22 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek primer pertama belum mampu mencapai kesejahteraan yang penuh pada semua dimensi psychological well-being. Subyek primer pertama hanya mampu mencapai kesejahteraan yang penuh pada dimensi purpose in life dan autonomy karena telah mampu memiliki tujuan dalam hidup dan mampu menjadi autonom setelah suami meninggal. Sementara itu, subyek primer kedua dan ketiga telah mampu mencapai kesejahteraan yang penuh pada semua dimensi psychological well-being.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widya Risnawaty, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Psychological Well-Being, Kematian Pasangan, Anak Tunggal, Remaja, Wanita Dewasa Madya
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:22
Last Modified: 07 Jun 2022 02:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35857

Actions (login required)

View Item View Item