Gambaran Regulasi Emosi pada Remaja Penyandang Disabilitas Penglihatan Total yang Mengalami Disabilitas pada Usia Remaja

Andriani, Indah (2022) Gambaran Regulasi Emosi pada Remaja Penyandang Disabilitas Penglihatan Total yang Mengalami Disabilitas pada Usia Remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (134kB)

Abstract

Disabilitas penglihatan total seringkali dipandang sebagai suatu hambatan dan masalah bagi penyandangnya, terutama bagi remaja yang dianggap memiliki emosi yang tidak stabil, mereka membutuhkan regulasi emosi untuk menghadapi disabilitas tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran regulasi emosi pada remaja penyandang disabilitas penglihatan yang mengalami disabilitas pada usia remaja. Analisis mengenai gambaran regulasi emosi dikaji berdasarkan teori dari Gross dan Thompson (2007) serta Garnefski, Kraaij, dan Spinhoven (2001). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam rentang waktu antara Februari 2016 hingga Mei 2016, dengan tiga subyek. Prosedur pemilihan responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum ketiga subyek mampu melakukan regulasi emosi pasca mengalami disabilitas penglihatan total. Strategi regulasi emosi yang paling banyak digunakan oleh ketiga subyek yaitu situation selection, situation modification, dan cognitive change. Sementara itu, strategi regulasi emosi secara kognitif yang paling banyak digunakan yaitu acceptance, refocus on planning, positive reappraisal, dan putting into perspective. Faktor penting yang menyebabkan ketiga subyek mampu melakukan regulasi emosi adalah adanya social support yang diperoleh dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, disabilitas penglihatan, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:06
Last Modified: 07 Jun 2022 03:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35864

Actions (login required)

View Item View Item