PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020

VALENSISKA, VALENSISKA (2021) PENGARUH KINERJA KEUANGAN, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Valensiska 125180386 JA.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan bukti yang secara empiris berkenaan dengan pengaruh dari kinerja keuangan, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan yang menjadi variabel moderasi. Dalam penelitian ini mendapatkan sampel untuk diteliti sebanyak 81 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 yang pemilihannya dilakukan dengan metode purposive sampling. Melalui E-Views 12, penelitian ini menjadikannya sebagai aplikasi untuk dilakukannya pengolahan data dan analisa terhadap data penelitian. Keseluruhan hasil yang ditemukan di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan dan struktur modal mempunyai pengaruh yang positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan likuiditas tidak mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, ukuran perusahaan yang menjadi variabel moderasi dalam penelitian ini tidak berhasil memoderasi hubungan di antara kinerja keuangan, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Nilai Perusahaan, Kinerja Keuangan, Struktur Modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan. This study was conducted with the aim of providing empirical evidence regarding the influence of financial performance, capital structure, and liquidity on firm value with firm size being the moderating variable. In this study, a sample of 81 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2018-2020 was obtained whose selection was carried out using the purposive sampling method. Through E-Views 12, this research makes it an application for data processing and analysis of research data. The overall results found in this study showed that financial performance and capital structure have a positive effect on firm value, while liquidity has no effect on firm value. However, firm size as the moderating variable in this study did not succeed in moderating the relationship between financial performance, capital structure, and liquidity on firm value. Keywords: Firm Value, Financial Performance, Capital Structure, Liquidity, and Firm Size.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:45
Last Modified: 07 Jun 2022 06:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35872

Actions (login required)

View Item View Item