PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2017-2020

HERMAWINATA, VANESHA CHRISTY (2021) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2017-2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vanesha Christy 125180138 JA.pdf

Download (459kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2020. Penelitian ini menggunakan 61 perusahaan manufaktur selama empat tahun sebagai sampel setelah diseleksi dengan metode purposive sampling dari 198 perusahaan. Penelitian ini menggunakan software EViews 12 SV untuk mengolah data dan menggunakan teknik analisa regresi linear berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan umur perusahaan dan solvabilitas memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: Nilai perusahaan, ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, pertumbuhan penjualan The purpose of this research is to determine the effect of firm size, firm age, profitability, solvability, and sales growth on the value of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2017-2020. This research is using 61 manufacturing companies for four years as a sample after selected by purposive sampling method from 198 companies. This research is using Eviews 12 SV software to process the data and using multiple linear regression analysis techniques to test the hypothesis. The result of this research shows that firm size, profitability and sales growth do not have significant effect on firm value while firm age and solvability has a negative and significant effect on firm value. Keyword: Firm value, firm size, firm age, profitability, solvability, sales growth

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 07 Jun 2022 06:48
Last Modified: 25 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35873

Actions (login required)

View Item View Item