PENERAPAN GRATITUDE JOURNAL UNTUK MENURUNKAN GEJALA DEPRESIF PADA PENDERITA KANKER: STUDI DENGAN ECOLOGICAL MOMENTARY ASSESSMENT

Sucitra, Eric (2022) PENERAPAN GRATITUDE JOURNAL UNTUK MENURUNKAN GEJALA DEPRESIF PADA PENDERITA KANKER: STUDI DENGAN ECOLOGICAL MOMENTARY ASSESSMENT. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (19)-1-16.pdf

Download (799kB)

Abstract

Kanker adalah sebuah masalah medis serius yang memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup penderita secara holistik, termasuk masalah kejiwaan yang mengarah pada gejala depresif. Negative inferential style, yakni sebuah gaya pikir yang cenderung memproses peristiwa hidup secara lebih negatif dari biasanya, diduga sebagai salah satu faktor yang memicu penderita kanker untuk mengembangkan gejala depresif. Studi ini bertujuan untuk memeriksa penerapan intervensi yang berfokus pada aspek kognitif individu dalam bentuk aktivitas gratitude journal untuk mengurangi gejala depresif partisipan. Penelitian ini juga menggunakan ecological momentary assessment untuk memeriksa fluktuasi mood depresif dalam partisipan. Enam partisipan berusia 12 tahun ke atas dengan diagnosis kanker dan gejala depresif (skor BDI-II > 0) direkrut dan menyelesaikan aktivitas gratitude journal selama dua minggu. Uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dan Kruskall-Wallis Test dilakukan untuk menganalisis data. Studi ini juga melakukan analisis tematik dalam bentuk coding untuk menemukan protective factors terhadap depresi yang terkandung dalam gratitude journal. Studi ini tidak menemukan perbedaan bermakna pada skor pretest-posttest trait gratitude, namun menemukan penurunan skor yang signifikan pada gejala depresif. Terakhir, peneliti tidak menemukan adanya perbedaan bermakna dalam gejala depresif pada tiga kondisi waktu yang berbeda. Studi ini menunjukkan bahwa gratitude journal dapat digunakan sebagai jenis intervensi yang dapat mendampingi intervensi lain karena karakteristik aktivitasnya yang sederhana. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut yang memeriksa penerapan gratitude journal terhadap penderita depresi klinis sebelum konklusi mengenai efektivitas dari aktivitas gratitude journal dapat ditegakkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Samsunuwijati Mar’at, Psi & Sri Tiatri, PhD., Psi.
Uncontrolled Keywords: depresi, gratitude trait, gratitude journal, protective factors
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:33
Last Modified: 08 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35906

Actions (login required)

View Item View Item