Penerapan Art Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Avoidance Dalam Generalized Anxiety Disorder Pada Dewasa Awal Yang Sedang Bekerja

Helen, Helen (2022) Penerapan Art Therapy Untuk Mengurangi Perilaku Avoidance Dalam Generalized Anxiety Disorder Pada Dewasa Awal Yang Sedang Bekerja. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3. FULL TEXT (8)-1-20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Generalized Anxiety Disorder (GAD) memiliki perilaku menghindar yang dilakukan secara berulang ketika mengalami kecemasan. Perilaku menghindar dijadikan sebagai bentuk koping untuk mengurangi perasaan cemas, sehingga individu menjadi tergantung pada perilaku menghindar dan cenderung akan dilakukan kembali ketika menghadapi kecemasan di lain waktu. Dalam penelitian ini, sebagian besar partisipan dengan usia sekitar 22-28 tahun melaporkan bahwa kecemasan menyebabkan perubahan dalam pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, sehingga pekerjaan menjadi tidak optimal. Perilaku menghindar dan tingkat kecemasan GAD diukur dengan Multidimensional Experiental Avoidance Questionnaire (MEAQ) dan The GAD-7. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan perilaku menghindar dan metode kuantitatif untuk melihat efektivitas art therapy dalam mengurangi perilaku menghindar pada dewasa awal. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode snowball. Pemberian terapi seni pada masing-masing subyek dilakukan sebanyak tujuh sesi. Dalam penelitian ini, terapi seni telah terbukti dapat mengurangi perilaku menghindar dan tingkat kecemasan pada dewasa awal yang sedang bekerja dengan menunjukan perubahan perilaku menghindar dan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah intervensi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC & Dr. Rismiyati E. Koemsa, Psi
Uncontrolled Keywords: Gangguan kecemasan menyeluruh, Perilaku menghindar, Terapi seni
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:52
Last Modified: 08 Jun 2022 02:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35914

Actions (login required)

View Item View Item