Art Therapy untuk Menurunkan Kemarahan pada Remaja di Lembaga Permasyarakatan

Liesera, Novita (2022) Art Therapy untuk Menurunkan Kemarahan pada Remaja di Lembaga Permasyarakatan. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (729kB)

Abstract

Kemarahan merupakan reaksi alamiah manusia ketika dihadapkan dengan suatu kondisi yang tidak diinginkan. Kemarahan memiliki kaitan yang erat dengan emosi negatif. Kemarahan terbagi kedalam empat jenis, yaitu trait anger, anger in, anger out, dan anger control. Anger out merupakan jenis kemarahan diarahkan keluar. Kemarahan yang diproyeksikan keluar dapat menyebabkan agresi yang berujung pada tindakan yang melanggar hukum. Salah satu upaya dalam penanganan kemarahan dilakukan melalui intervensi art therapy. Art therapy merupakan suatu bentuk psikoterapi dengan menggunakan media seni sebagai cara untuk berekspresi dan berkomunikasi. Art therapy pada penelitian ini ditujukan agar subyek dapat mengekspresikan dan mengurangi kemarahannya. Partisipan pada penelitian ini adalah delapan anak remaja binaan di lembaga pembinaan khusus anak jenis kelamin laki-laki dengan rentang usia 15-18 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi-eksperimental dengan desain one group pretest�posttest. Intervensi art therapy dilakukan selama enam sesi dengan jangka waktu satu sesi setiap minggunya. Berdasarkan hasil intervensi art therapy selama enam sesi, art therapy dapat menurunkan kemarahan enam dari delapan partisipan. Tidak terdapat perubahan signifikan dalam cara ekspresi kemarahan baik melalui anger in, anger out, maupun anger control.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Monty P. Satiadarma, SPsi., MS/AT, MFCC,DCH., Psikolog & Untung Subroto, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Uncontrolled Keywords: kemarahan, art therapy, remaja
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:00
Last Modified: 08 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item View Item