Peran Empati dan Self-Efficacy Guru TK terhadap Gaya Pengaturan Kelas dalam Konteks Unjustified Aggression

Sutradjaja, Carolyne (2022) Peran Empati dan Self-Efficacy Guru TK terhadap Gaya Pengaturan Kelas dalam Konteks Unjustified Aggression. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (699kB)

Abstract

Penelitian sebelumnya mengaitkan empati dan self-efficacy dengan kemungkinan guru TK merespon situasi bullying. Akan tetapi belum ada penelitian yang mengaitkan empati dan self-efficacy dengan actual behaviour guru TK di dalam kelas. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat peran empati dan self-efficacy terhadap gaya pengaturan kelas dalam konteks peristiwa unjustified aggression. Partisipan dalam penelitian ini adalah 124 orang guru yang mengajar pada jenjang TK maupun preschool, di mana teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability dan snowball sampling. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalan dengan metode survey cross-sectional. Dilakukan analisis data dengan menggunakan regresi berganda (multiple regression) untuk pengujian hipotesis dan didapatkan hasil bahwa tingkat empati dan self-efficacy guru TK memiliki peran yang signifikan terhadap gaya pengaturan kelas sebesar 17.5% (F = 14.045, p = 0.00 < 0.05). Hal ini berarti bahwa tingkat empati dan Self-Efficacy yang dimiliki guru TK dapat memprediksi bagaimana cara mereka mengelola kelas, menetapkan kontrol serta membangun interaksi dengan siswa dalam konteks unjustified aggression di dalam kelas. Analisis lebih lanjut pun dilakukan untuk melihat peran empati dan self-efficacy terhadap masing-masing dimensi yang ada dalam gaya pengaturan kelas. Hasil analisis menunjukkan bahwa empati memiliki peran yang signifikan terhadap keterlibatan guru, sedangkan self�efficacy memiliki peran yang signifikan terhadap disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Riana Sahrani, M.Si., Psi & Dr. Fransisca Iriani R. Dewi, M.SI
Uncontrolled Keywords: unjustified aggression, self-efficacy, empati, gaya pengaturan kelas
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:04
Last Modified: 08 Jun 2022 04:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35921

Actions (login required)

View Item View Item