Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas X Jakarta

Taslim, Kenny (2022) Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas X Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan resilensi mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. Skripsi adalah syarat mahasiswa untuk meraih gelar sarjana. Skripsi merupakan karangan ilmiah yang memaparkan pokok soal yang cukup penting dalam suatu cabang ilmu. Sebagian mahasiswa menganggap skripsi merupakan tugas akhir yang sulit dan mengakibatkan kecemasan yang berlebihan. Untuk menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut diperlukan kemampuan resiliensi. Penelitian ini juga menemukan bahwa resiliensi memiliki hubungan dengan kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan kuisioner. Partisipan kuisioner ini terdiri dari 106 mahasiswa tingkat akhir di Universitas Tarumanagara yang sedang menyusun skripsi. Kuisioner yang digunakan adalah kuisioner kecerdasan spiritual dan kuisioner skala resiliensi Connor-Davidson (CD-RISC) yang sudah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual memiliki hubungan positif dengan resiliensi dengan r (106) = 0.552, (p < 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Raja Oloan Tumanggor ,S.Ag. & Linda Wati, M. Psi., S.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Resiliensi, Skripsi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 08 Jun 2022 04:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35925

Actions (login required)

View Item View Item