NURDIANI, HALVINI (2022) HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PERILAKU KONSUMTIF PRODUK KOSMETIK PADA REMAJA PUTERI. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Fulltext-1-13 (1).pdf Download (636kB) |
Abstract
Konsep diri merupakan salah satu faktor dari perilaku konsumtif tidak terkecuali remaja puteri dalam membeli produk kosmetik untuk menunjang penampilannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan konsep diri terhadap perilaku konsumtif produk kosmetik pada remaja puteri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional yang melibatkan 404 remaja puteri berusia 15-21 tahun. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik bivariate spearman correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri memiliki hubungan positif dan signifikan dengan perilaku konsumtif (r= 0.229 dan Sig (p) = 0.000, p<0.05). Arah korelasinya adalah positif yang menunjukkan bahwa semakin tinggi konsep diri maka perilaku konsumtif semakin tinggi produk kosmetik pada remaja puteri. Hasil uji per dimensi menujukkan bahwa dari lima dimensi hanya dua dimensi yang memiliki hubungan positif dan signifikan yaitu dimensi physical self, dan family self.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Meike Kurniawati, S.Psi., M.M. & Dra. Ninawati, M.M. |
Uncontrolled Keywords: | konsep diri, perilaku konsumtif produk kosmetik, remaja |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 05:47 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 05:47 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35931 |
Actions (login required)
View Item |