HUBUNGAN ANTARA IDENTIFIKASI PEMAIN-AVATAR DENGAN ADIKSI GAME ONLINE MMORPG PADA REMAJA

Dewi, Alysia (2022) HUBUNGAN ANTARA IDENTIFIKASI PEMAIN-AVATAR DENGAN ADIKSI GAME ONLINE MMORPG PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (21)-1-17.pdf

Download (901kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat individu memiliki banyak pilihan untuk mengisi waktu luangnya, salah satunya dengan bermain game MMORPG. Game MMORPG dikenal memiliki dunia fantasi yang luas; sehingga memberikan kesempatan bagi pemain untuk mengubah karakternya, dan memfasilitasi interaksi sosial antar pemain. Dalam MMORPG, avatar adalah karakter yang dikontrol pemain sebagai representasi dari diri mereka sendiri. Maka dari itu, MMORPG dianggap memiliki kecenderungan lebih besar untuk membuat pemain menjadi adiksi, melebihi jenis game lain. Penelitian-penelitian terdahulu juga telah menemukan bahwa pemain MMORPG memiliki kecenderungan untuk mengidentifikasi diri dengan avatar; yang berkorelasi dengan adiksi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara identifikasi pemain-avatar dengan adiksi game MMORPG pada remaja awal, pertengahan, dan akhir. Untuk mengetahui hubungan antara identifikasi pemain-avatar dan adiksi game, dilakukan uji korelasi Spearman. Jumlah responden penelitian ini adalah 385 orang yang dipilih dengan metode convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan korelasi sedang antara identifikasi pemain-avatar dengan adiksi game.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, S. Psi., M. Psi., Psi. & Sandi Kartasasmita M. Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Adiksi, Avatar, dan MMORPG
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 05:57
Last Modified: 08 Jun 2022 05:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35932

Actions (login required)

View Item View Item