Peranan Psychological Sense of School Membership dan Self-Efficacy terhadap Self-Esteem Pada Siswa Selama Masa Transisi ke Sekolah Menengah Pertama

Limarta, Shella (2022) Peranan Psychological Sense of School Membership dan Self-Efficacy terhadap Self-Esteem Pada Siswa Selama Masa Transisi ke Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (24)-1-21.pdf

Download (785kB)

Abstract

Self-esteem merupakan perasaan bahwa dirinya berharga dan dihargai. Self-esteem didapatkan dari penerimaan orang-orang sekitar terhadap individu itu sendiri salah satunya termasuk penerimaan di sekolah atau disebut dengan psychological sense of school membership. Psychological sense of school membership merupakan perasaan seseorang bahwa dirinya diterima dan dilibatkan dalam suatu kelompok atau kelas. Selain didapatkan dari psychological sense of school membership, self-efficacy juga memiliki hubungan positif signifikan dengan self-esteem. Self-efficacy merupakan keyakinan seseorang akan kemampuannya melakukan kontrol dari tuntutan yang ada dilingkungannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen, dengan menggunakan uji regresi linear, serta melibatkan 442 siswa dari tiga SMP di Jakarta dengan menggunakan non-probabilitu sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel adalah kuesioner self-esteem, kuesioner psychologycal sense of school membership, dan kuesioner self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear melalui program SPSS versi 15 for windows. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa psychological sense of school membership dan self-efficacy berperan positif signifikan terhadap self-esteem (R2 = 0.309, t = 9.756, p < 0.05). Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa psychological sense of school membership berperan positif signifikan terhadap self-esteem (R2 = 0.192, t = 10.233, p < 0.05). Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan bahwa self-efficacy berperan positif signifikan terhadap self-esteem (R2 = 0.247, t = 12.018, p < 0.05). Dengan demikian, terdapat peranan antara psychological sense of school membership dan self-efficacy terhadap self-esteem, psychological sense of school membership terhadap self-esteem, self-efficacy terhadap self-esteem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M.Psi., Psikolog.
Uncontrolled Keywords: Psychological sense of school membership, self-efficacy, self-esteem, siswa SMP
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:29
Last Modified: 08 Jun 2022 06:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35937

Actions (login required)

View Item View Item