Hubungan Kecerdasaran Emosional dengan Self-Efficacy Guru Sekolah Dasar Inklusi di Jakarta

Carolina, Alexandra (2022) Hubungan Kecerdasaran Emosional dengan Self-Efficacy Guru Sekolah Dasar Inklusi di Jakarta. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text.pdf

Download (196kB)

Abstract

Kecerdasaran emosional adalah cara penyelesaian masalah dan mengambil keputusan yang bijak menggunakan pikiran dan perasaan atau logika dan intuisi (Mayer & Salovey dalam Brackett, dkk, 2004). Self-efficacy adalah perasaan bahwa seseorang merasa kompeten dan efektif (Bandura, 1997). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan self-efficacy guru yang mengajar di sekolah dasar inklusi. Peneliti menggunakan alat ukur berupa kuesioner kecerdasan emosional oleh Brackett, dkk (2006) dan self-efficacy guru oleh Coladarsi & Breton (1997) yang telah diadaptasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah convenience sampling, yaitu mencari orang-orang yang memenuhi persyaratan dan paling mudah ditemui. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 107 guru yang mengajar di sekolah inklusi dengan jumlah. Analisa data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment Pearson dengan program statistik SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan self-efficacy guru sebesar 0,475 dengan p sebesar 0,000, artinya semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula self efficacy guru yang mengajar di sekolah inklusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Heni Mularsih, M.Psi., Psi., & Niken Widiastuti, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: emotional intelligence, self-efficacy, guru, sekolah inklusi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:26
Last Modified: 09 Jun 2022 02:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35959

Actions (login required)

View Item View Item