Gambaran Motivasi Berprestasi pada Siswa Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan

.Ng, Bertha (2022) Gambaran Motivasi Berprestasi pada Siswa Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (252kB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah hak dari setiap anak. Namun pada kenyataannya di lapangan, pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi anak tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semua anak beruntung dapat dilahirkan dikeluarga yang mampu memenuhi segala kebutuhan finansial dan pendidikan anak. Banyak anak yang terlahir di tengah-tengah kekurangan, untuk itu dibentuklah wadah yang mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan oleh anak-anak tersebut. Wadah tersebut adalah panti asuhan. Banyak orang diluar sana yang memandang rendah anak-anak yang tinggal di panti asuhan, hal ini sedikitnya berpengaruh terhadap motivasi berprestasi anak-anak di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran motivasi pada siswa remaja yang tinggal di panti asuhan, dengan partisipan berjumlah 143 orang dan menggunakan teknik snow-ball sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa remaja yang tinggal di panti asuhan memiliki gambaran motivasi berprestasi yang tinggi dengan mean hipotetik (median) alat ukur sebesar 3 dan mean empirik sebesar 3,3586. Berdasarkan 143 data yang diperoleh, subyek yang memiliki motivasi berprestasi tinggi yaitu sebanyak 108 orang dengan persentase sebesar 75,5%, subyek yang memiliki motivasi berprestasi rendah yaitu sebanyak 35 orang dengan persentase sebesar 24,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yohanes Budiarto, S.pd, M.Si & Widya Risnawaty, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi berprestasi, remaja, panti asuhan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:33
Last Modified: 09 Jun 2022 02:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35963

Actions (login required)

View Item View Item