Kristanti, Angelin (2022) Hubungan Keterlibatan Orangtua Dengan Kemampuan Bina Diri (Studi pada Anak Intellectual Disability di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
SKRIPSI TOTAL.docx-1-15.pdf Download (181kB) |
Abstract
Keterlibatan orangtua ialah sikap orangtua untuk terlibat dalam kegiatan anak di rumah, sekolah, serta sikap positif orangtua terhadap pendidikan, sekolah, dan guru (Topor, Keane, Shelton, dan Calkins, 2011). Kemampuan bina diri adalah aktifitas individu untuk mengelola hidup, mempertahankan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan individu (Orem,1954). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan keterlibatan orangtua dengan kemampuan bina diri pada anak intellectual disability . Penelitian melibatkan 73 orangtua yang memiliki anak dengan intellectual disability berusia 6 hingga 20 tahun di Jakarta. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa r (73) = .487 dan p=.000. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara parental involvement dengan kemampuan bina diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sri Tiatri, Ph.D., M. Si. Psi & Niken Widiastuti, M. Si., Psi. |
Uncontrolled Keywords: | keterlibatan orangtua, kemampuan bina diri, anak intellectual disability |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 02:37 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 02:37 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35967 |
Actions (login required)
View Item |