Hubungan Keterlibatan Orangtua Dengan Kemampuan Bina Diri (Studi pada Anak Intellectual Disability di Jakarta)

Kristanti, Angelin (2022) Hubungan Keterlibatan Orangtua Dengan Kemampuan Bina Diri (Studi pada Anak Intellectual Disability di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
SKRIPSI TOTAL.docx-1-15.pdf

Download (181kB)

Abstract

Keterlibatan orangtua ialah sikap orangtua untuk terlibat dalam kegiatan anak di rumah, sekolah, serta sikap positif orangtua terhadap pendidikan, sekolah, dan guru (Topor, Keane, Shelton, dan Calkins, 2011). Kemampuan bina diri adalah aktifitas individu untuk mengelola hidup, mempertahankan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan individu (Orem,1954). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan keterlibatan orangtua dengan kemampuan bina diri pada anak intellectual disability . Penelitian melibatkan 73 orangtua yang memiliki anak dengan intellectual disability berusia 6 hingga 20 tahun di Jakarta. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa r (73) = .487 dan p=.000. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara parental involvement dengan kemampuan bina diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Tiatri, Ph.D., M. Si. Psi & Niken Widiastuti, M. Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, kemampuan bina diri, anak intellectual disability
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:37
Last Modified: 09 Jun 2022 02:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35967

Actions (login required)

View Item View Item