Wibowo, Herlina Widya (2022) Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Akademik pada Siswa SMA di Jakarta (Studi pada Siswa yang Aktif dalam Organisasi Kesiswaan). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
text (14).pdf Download (122kB) |
Abstract
Sebagai seorang siswa SMA, tentu individu dihadapkan pada sejumlah kegiatan baik kegiatan akademik maupun non-akademik. Kegiatan akademik yang dimaksud adalah kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sedangkan kegiatan non-akademik yang dimaksud adalah kegiatan organisasi kesiswaan baik itu OSIS ataupun ekstrakurikuler. Kegiatan organisasi kesiswaan tersebut melatih kemampuan berorganisasi, interaksi secara sosial, dan menambah ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang. Banyaknya kegiatan akan membuat siswa merasa lelah setelah pulang kerumah. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara variabel prokrastinasi akademik dan prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan non-probabilty sampling dengan teknik convenience. Data dalam penelitian ini dikumpulkan per April – Mei 2016 di Jakarta. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan alat ukur Tuckman’s Procrastination Scale yang dikembangkan oleh B.W Tuckman (1990). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kedua variabel (r= -0.264, p = 0.005) yang berarti ketika prokrastinasi meningkat, prestasi belajar akan menurun dan sebaliknya jika prokrastinasi menurun maka prestasi belajar akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rahmah Hastuti, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik, prestasi akademik, siswa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 02:44 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 02:44 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35968 |
Actions (login required)
View Item |