Sarah, Yunita (2022) Hubungan antara Student Well-being dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
text (15).pdf Download (108kB) |
Abstract
Mutu pendidikan di Indonesia saat ini belum memadai. Rendahnya kualitas pendidikan disebabkan kurangnya motivasi pada siswa. Motivasi yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan kecenderungan dimana seseorang berjuang untuk mencapai sukses atau gagal. Faktor yang mempengaruhi pembentukan motivasi berprestasi adalah lingkungan pada aspek sosial yang terdapat dalam dimensi student well-being. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara student well-being dengan motivasi berprestasi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non-eksperimental. Partisipan yang terlibat sebanyak 300 siswa Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas berusia antara 12-19 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner student well-being dari Pollard dan Lee (2015) dan motivasi berprestasi dari McClelland (2006). Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara student well-being dengan motivasi berprestasi (r = 0,273, p=0,000<0,0).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Fransisca Iriani R. D., M.si & Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog |
Uncontrolled Keywords: | Student well-being, motivasi berprestasi, dan siswa |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 02:48 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 02:48 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35970 |
Actions (login required)
View Item |