PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR PERIODE 2018-2020

WIBOWO, WILLIAM (2021) PENGARUH LEVERAGE, PERTUMBUHAN PENJUALAN, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR PERIODE 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Renny Weslyn 125180056 JA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2018-2020. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling dan data yang valid adalah 36 perusahaan. Teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi data panel yang dibantu oleh program Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage memiliki pengaruh yang signifikan dan positif, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Implikasi dari penelitian ini yaitu perlunya perhatian terhadap leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahan agar dapat meningkatkan nilai perusahaan. Kata Kunci : Leverage, Penjualan, Nilai Perusahaan, Profitabilitas This research aims to determine whether there is an effect of leverage, sales growth, profitability and firm size on the value of manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange during 2018-2020. The sample was selected using purposive sampling method and the valid data was 36 companies. The data processing technique using panel data regression analysis assisted by the Eviews 12 program. The results of this study indicate that leverage has a significant and positive effect, sales growth has no effect on firm value, profitability and firm size have a significant and negative effect on firm value. The implication of this research is the need for attention to leverage, profitability, and company size in order to increase firm value. Keywords: Leverage, Sales, Firm Value, Profitability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:04
Last Modified: 08 Aug 2023 07:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35977

Actions (login required)

View Item View Item