PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PARENTAL SOCIALIZATION, DAN PEER INFLUENCES TERHADAP SAVING BEHAVIOR

SALIM, ALVIN SANJAYA (2021) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PARENTAL SOCIALIZATION, DAN PEER INFLUENCES TERHADAP SAVING BEHAVIOR. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Alvin Sanjaya Salim 115170181 JA.pdf

Download (972kB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of financial literacy, parental socialization, and peer influences on saving behavior. The sample selection method in this study uses convenience sampling with a sample of 316 respondents who are residents of DKI Jakarta who already have an income. The data analysis method used in this research is to use the smart partial least square (PLS) software version 3.00. The results of the data analysis conclude that there is a positive and significant influence between financial literacy, parental socialization, and peer influences on saving behavior. Keywords: Financial Literacy, Parental Socialization, Peer Influences, and Saving Behavior. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari financial literacy, parental socialization, dan peer influences terhadap saving behavior. Metode pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan convenience sampling dengan sampel sebanyak 316 responden yang merupakan penduduk DKI Jakarta yang sudah memiliki penghasilan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan software smart partial least square (PLS) versi 3.00. Hasil dari analisis data menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara financial literacy, parental socialization, dan peer influences terhadap saving behavior. Kata Kunci: Literasi Finansial, Sosialisasi Orang Tua, Teman Sebaya, Perilaku Menabung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:42
Last Modified: 18 Jul 2023 04:14
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36007

Actions (login required)

View Item View Item