PENGARUH RISIKO YANG DIRASAKAN TERHADAP INTENSI PEMBELIAN DARING KONSUMEN DI INDONESIA

ANDRIAN, ANDRIAN (2021) PENGARUH RISIKO YANG DIRASAKAN TERHADAP INTENSI PEMBELIAN DARING KONSUMEN DI INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Andrian 115170003 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Online purchase intention is the consumer’s intention to make an online purchase, financial risk is a monetary loss from the purchase, product risk is a consequence of a product not functioning as expected, security risk is the loss of the buyer’s personal information being spread, time risk refers to the time it takes to make a purchase, social risk is a feeling of dissatisfaction with family or friends for the product purchased, psychological risk is a sense of disappointment because of choosing a bad product. This study aims to determine the influence of perceived risk on online purchase intention with a conclusive quantitative methods and cross sectional study. Data obtained by using a questionnaire made in google form to 130 respondents who shopped online in the last 3 months in Indonesia using a non- probability sampling, purposive sampling. There are 6 hypotheses in this study which were analyzed using PLS-SEM with SmartPLS 3.3.2. The result of this study indicate that financial risk, product risk, security risk, time risk and psychological risk have a negative effect on online purchase intention in Indonesia, while social risk has a negative and weak effect on online purchase intention in Indonesia. Keywords: Perceived risk and Online Purchase Intention Intensi pembelian daring adalah niat konsumen untuk melakukan pembelian secara daring, risiko finansial merupakan kerugian moneter dari pembelian, risiko produk merupakan konsekuensi dari produk yang tidak berfungsi seperti yang diharapkan, risiko keamanan adalah kerugian atas tersebarnya informasi pribadi pembeli, risiko waktu mengacu pada waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian, risiko sosial merupakan rasa ketidakpuasan keluarga atau teman atas produk yang dibeli, risiko psikologis adalah rasa kekecewaan karena memilih produk yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko yang dirasakan terhadap intensi pembelian daring dengan metode kuantitatif berjenis konklusif dan cross sectional study. Data diperoleh dengan kuesioner yang dibuat dalam google form terhadap 130 responden yang merupakan masyarakat Indonesia yang berbelanja daring dalam 3 bulan terakhir dengan metode non-probability sampling, purposive sampling. Ada 6 hipotesis dalam penelitian ini yang dianalisis menggunakan PLS- SEM dengan SmartPLS 3.3.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa risiko finansial, risiko produk, risiko keamanan, risiko waktu dan risiko psikologis berpengaruh negatif terhadap intensi pembelian daring di Indonesia, sedangkan risiko sosial berpengaruh negatif dan lemah terhadap intensi pembelian daring di Indonesia. Kata Kunci: Risiko Yang Dirasakan dan Intensi Pembelian Daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:50
Last Modified: 18 Jul 2023 04:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36011

Actions (login required)

View Item View Item