Hubungan Foreign Language Learning Anxiety dan Motivasi Belajar Bahasa Asing pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang Mempelajari Bahasa Mandarin

Susanto, Chandra (2022) Hubungan Foreign Language Learning Anxiety dan Motivasi Belajar Bahasa Asing pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang Mempelajari Bahasa Mandarin. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
combinepdf (2)-1-26.pdf

Download (1MB)

Abstract

Foreign language learning anxiety (FLLA) adalah persepsi diri yang berbeda, kepercayaan, perasaan dan perilaku yang berkaitan dengan kelas pembelajaran bahasa, dengan perasaan gelisah, khawatir, gugup serta kecemasan yang bersifat spesifik. Motivasi belajar bahasa asing adalah suatu dorongan atau pilihan yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu tujuan dan dipergunakan untuk mendefinisikan kesuksesan maupun kegagalan seseorang dalam proses belajar bahasa asing atau bahasa kedua. Dalam mempelajari bahasa asing tidak lepas dari kaitannya dengan diri individu tersebut motivasi serta kecemasan pada . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan foreign language learning anxiety dan motivasi belajar bahasa asing pada siswa SMA yang mempelajari Bahasa Mandarin di Bangka. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 394 siswa di Bangka. Alat ukur yang digunakan adalah Chinese Foreign Language Learning Anxiety Scale (CFLLAS) dan alat ukur motivasi belajar bahasa asing yaitu Foreign Language Learning Motivation Questionnaire yang telah diadaptasi. Berdasarkan hasil uji korelasi menggunakan Spearman Correlation diperoleh nilai r= -.240 dan p= .000 < .05 sehingga terdapat hubungan negatif yang signifikan antara foreign language learning anxiety dan motivasi belajar bahasa asing. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan independent sample t-test untuk variabel FLLA ditinjau dari jenis kelamin diperoleh nilai F= .098, p= .028< .05 dan nilai mean laki- laki 3.22 serta nilai mean perempuan 3.10 sehingga terdapat perbedaan signifikan pada FLLA antara subjek laki-laki dan perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rahmah Hastuti, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: foreign language learning anxiety, motivasi belajar bahasa asing, Bahasa Mandarin, siswa SMA
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:46
Last Modified: 14 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36048

Actions (login required)

View Item View Item