Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah dengan Kepuasan Sekolah Pada Siswa Pesantren X

Abdurachman, Rafidha (2022) Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah dengan Kepuasan Sekolah Pada Siswa Pesantren X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 1.Pembuka (2)-1-7.pdf

Download (611kB)

Abstract

Kepuasan sekolah merupakan penilaian kognitif subjektif dari kualitas kehidupan sekolah yang bersumber dari gagasan siswa tentang pengalaman sekolah yang ditentukan oleh siswa sendiri. Pengalaman sekolah yang didapatkan oleh siswa merupakan salah satu indikator dari iklim sekolah, seperti hubungan siswa dengan guru. Iklim sekolah dasarnya merupakan pola pengalaman orang tentang kehidupan sokalah dan mencerminkan norma, tujuan, nilai, hubungan interpersonal, praktik mengajar dan belajar serta struktur organisasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah hubungan antara iklim sekolah dengan kepuasan sekolah pada siswa pesantren X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-eksperimen dengan desain korelasi, serta melibatkan 400 siswa di pesantern X dengan menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel adalah kuesioner iklim sekolah dan kuesioner kepuasan sekolah. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (r = .683 dan p = .000 < .01) antara iklim sekolah dengan kepuasan sekolah. Hal ini menunjukkan jika semakin tinggi iklim sekolah siswa, maka semakin tinggi pula kepuasan seolah siswa. Demikian juga sebaliknya, semkain rendah iklim sekolah siswa, semakin rendah pula kepuasan sekolah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Monika, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: Iklim sekolah, kepuasan sekolah, siswa pesantren
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:54
Last Modified: 14 Jun 2022 02:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36054

Actions (login required)

View Item View Item