Peran Locus of Control dan Self-Esteem terhadap Emotional Distress (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi)

Juliano, Lukas (2022) Peran Locus of Control dan Self-Esteem terhadap Emotional Distress (Studi pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
File 3.Fulltext (26)-1-17.pdf

Download (673kB)

Abstract

Emotional distress adalah keadaan tidak menyenangkan yang dapat mengakibatkan berbagai kerugian. Terdapat beberapa variabel anti-stres yang terbukti mampu mengurangi emotional distress, dua di antaranya adalah self- esteem dan locus of control. Penelitian ini bertujuan meneliti gambaran ketiga variabel ini pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, sekaligus mencari peran kedua variabel anti-stres tersebut terhadap emotional distress pada partisipan penelitian. Penelitian berjenis kuantitatif bersifat non-eksperimen. Data dan landasan teori bersumber pada jurnal dan buku-buku yang relevan dengan variabel penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa emotional distress pada mahasiswa lebih tinggi dibandingkan penelitian sebelumnya meski belum melewati titik tengah alat ukur. Hal ini diperkirakan terjadi karena kondisi well-being yang tidak sebaik individu anak-anak dan dewasa akhir, juga skripsi sebagai faktor stres tambahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. P. Tommy Y. S. Suyasa, M.Si., Psi;
Uncontrolled Keywords: Emotional Distress, Self-Esteem, Locus of Control, Mahasiswa, dan Skripsi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:04
Last Modified: 14 Jun 2022 03:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36056

Actions (login required)

View Item View Item