Peran antara Konfrormitas dan Mencari Sensasi (Sensation Seeking) Terhadap Intensi Perilaku Agresi Pada Remaja Madya Laki-laki

Nur, Muhammad Fadillah (2022) Peran antara Konfrormitas dan Mencari Sensasi (Sensation Seeking) Terhadap Intensi Perilaku Agresi Pada Remaja Madya Laki-laki. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Text (1).pdf

Download (175kB)

Abstract

Konformitas adalah pengaruh sosial yang menyebabkan individu untuk mengubah sikap dan perilaku mereka agar sesuai dengan norma sosial. Konformitas cenderung dilakukan oleh para remaja madya laki-laki. Pada masa remaja madya individu memiliki kecenderungan untuk mencari sensasi di dalam lingkungan sebayanya. Faktor dorongan mencari sensasi dalam lingkungan sebaya juga merupakan faktor yang penting diperhatikan. Remaja madya cenderung melakukan perilaku yang menurutnya akan didukung oleh kelompok teman sebayanya termasuk intensi perilaku agresif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran konformitas dan mencari sensasi terhadap intensi perilaku agresi remaja madya laki-laki menggunakan metode kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Kuesioner disebar kepada 100 subyek di berbagai tempat berkumpul para remaja madya laki-laki di Jakarta selatan. Pengambilan data penelitian dimulai pada tanggal 30 September-31 Oktober 2012. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peran yang signifikan dari konformitas dan mencari sensasi terhadap intensi perilaku agresif pada remaja madya (F = 9,189, dan p = 0,000 < 0,05). Konformitas dan mencari sensasi memberikan sumbangan peran terhadap intensi perilaku agresi sebesar 15,9% (R 2 = 0,159).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Fransisca Iriani R., D., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konformitas, Mencari Sensasi, Intensi Perilaku Agresif, Remaja Madya, laki-laki
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:09
Last Modified: 14 Jun 2022 03:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36057

Actions (login required)

View Item View Item