Pengaruh Dukungan Organisasi yang Dirasakan Karyawan terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi (Studi Kasus pada Barista Starbucks di Jakarta)

Lestari, Dewi Sutjiati (2022) Pengaruh Dukungan Organisasi yang Dirasakan Karyawan terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi (Studi Kasus pada Barista Starbucks di Jakarta). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan organisasi yang dirasakan karyawan terhadap perilaku kewargaan organisasional terhadap barista Starbucks di Jakarta. Dukungan organisasi yang dirasakan karyawan adalah tingkat kepercayaan seorang terhadap seberapa besar organisasi menghargai kontribusinya dan memperhatikan kesejahteraannya. Perilaku kewargaan organisasional adalah aktivitas sukarela dalam melakukan hal-hal di luar job description yang diberikan. Penelitian ini melibatkan 212 barista Starbucks di Jakarta dengan 113 subyek yang berjenis kelamin laki-laki dan 99 subyek yang berjenis kelamin perempuan. Subyek merupakan karyawan Starbucks yang bekerja sebagai barista tetap dan telah lolos masa percobaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi dengan nilai t = 3.992, p = 0.000 < 0.01 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari dukungan organisasi yang dirasakan karyawan terhadap perilaku kewargaan organisasi. Melalui uji regresi ini juga dihasilkan R square = 0.071 yang artinya sumbangan dukungan organisasi yang dirasakan karyawan terhadap perilaku kewargaan organisasional adalah sebesar 7.1% sedangkan sisanya 92.9% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rostiana. M. Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: Dukungan organisasi yang dirasakan karyawan, perilaku kewargaan organisasional, barista
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:18
Last Modified: 14 Jun 2022 03:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36060

Actions (login required)

View Item View Item