Proses Problem Solving Remaja yang Menjadi Korban Bullying di Sekolah

Evan, Evan (2022) Proses Problem Solving Remaja yang Menjadi Korban Bullying di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ilovepdf_merged (3).pdf

Download (291kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mengetahui proses problem solving remaja yang menjadi korban bullying di sekolah. Penelitian ini menggunakan teori mengenai langkah-langkah problem solving dari Orpinas dan Horne (2006), yaitu define the problem and the goal, generate solution, examines consequences, choose a solution and implement it, evaluate the results. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dari bulan September 2012 sampai dengan Maret 2013. Subyek penelitian berjumlah lima orang remaja dan hasil penelitian menunjukkan dinamika proses problem solving masing-masing subyek, dari awal mereka mengalami bullying hingga frekuensi bullying mereka menurun. Hal tersebut dapat terjadi, selain dari usaha diri mereka sendiri, juga karena adanya bantuan dari pihak luar, seperti sekolah dan teman-temannya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa langkah problem solving yang disampaikan oleh Orpinas dan Horne (2006), tidak selalu berjalan linier, namun dinamikanya dapat berbeda-beda untuk setiap subyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sesilia Monika, M.Psi.; Dra. Ninawati, M.M.
Uncontrolled Keywords: Proses problem solving, bullying, remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:38
Last Modified: 14 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36076

Actions (login required)

View Item View Item